Lingkungan Perusahaan Akuntansi

Lingkungan Perusahaan Akuntansi – Dalam akuntansi lingkungan bisnis, lingkungan perusahaan adalah suatu organisasi dengan sumber daya dasar ( input ), seperti bahan baku dan tenaga kerja, digabung dan di proses untuk menyediakan barang atau jasa (output) untuk pelanggan.

Perusahaan dapat berbentuk usaha kecil sampai berskala besar, dari rumah makan sederhana hingga rumah makan berbintang mapaun dari warung jajanan dipinggir jalan hingga menjadi supermarket yang menghasilkan berbagai macam produk.

Lingkungan Perusahaan Akuntansi

Pelanggan perusahaan biasanya seperti individu atau perusahan lain yang memberi barang atau jasa dengan imbalan berupa uang atau barang berharga lainnya. Kalau dalam bidang ibadah, masjid, gereja dan tempat ibadah lainnya bukanlah perushaan karena para penerima jasanya tidak mempunyai kewajiban untu membayar atas jasa yang diterima tetapi kembali lagi ke individunya masing-masing, bagaimana cara ia menyikapi hal tersebut.

Tujuan dari perusahaan adalah memaksimalkan keuntungan (laba). laba (profit) adalah hasil modal yang diterima dari pelanggan atas barang atau jasa yang dihasilkan, setelah dikurangi biaya yang dikeluarkan untuk input yang digunakan guna menghasilkan barang atau jasa.

Baca Juga  Kegunaan Akuntansi

Perusahaan non-laba (non-profit) bertujuan untuk memberikan manfaat bagi masyarakat, seperti melakukan penelitian dibidang kesehatan atau juga perlindungan terhadap sumber daya alam.

          Perusahaan harus melakukan tiga kegiatan utama, yaitu:

  1. Mendesain produk (barang atau jasa) yang sesuai dengan kebutuhan konsumen atau yang lagi trend pada saat ini
  2. Membuat produk secara efektif biaya
  3. Memasarkan produk secara efektif kepada konsumen

Tiga kegiatan tersebut harus dilakukan perusahaan demi mencapaitujuannya adalah mendesain dan memasarkan produk. Produk tersebut dapat berupa produk non fisik, barang jadi siap pakai, atau bahan baku yang harus diproses lebih lanjut.

Secara umum perusahaan dibedakan menjadi 3, yaitu : perusahaan jasa, perusahaan dagang, dan perusahaan manufaktur.

Perusahaan Jasa

Dalam Akuntansi Lingungan Bisnis, Perusahaan jasa yaitu perusahaan yang produknya adalah sesuatu yang bersifat non fisik. Contohnya biro wisata, bioskop, kantor akuntan, laundry, barbershop. Biro wisata tidak menjual tempat wisata kepada pelanggan tetapi membawa pelanggannya untuk menikmati suatu objek wisata. Bioskop tidak menjual gulungan rol film atau kepingan CD kepada para penontonnya, kantor konsultan tidak menjual karyawannya kepada para pelanggan. Itulah uniknya perushaan jasa.

Baca Juga  Pihak Akuntansi dengan Perusahaan

Perusahaan Dagang

Dalam Akuntansi Lingkungan Bisnis, perusahaan dagang yaitu perusahaan yang membeli barang dari perusahaan lain dan menjualnya kepada pihak yang membutuhkan/konsumen. Contoh pasar swalayan, distributor elektronik dan lainnya, jadi perusahaan dagang sebagai jembatan antara konsumen dan produsen yang membutuhkan barang tersebut. Perusahaan dagang adalah membeli barang dari pemasok dan menjualnya kembali kepada pihak lain yang membutuhkan tanpa mengubah wujud barang tersebut.

Perusahaan Manufaktur

Perushaan manufaktur yaitu perusahaan yang membeli bahan baku, mengelolahnya hingga menadi produk jadi yang siap pakai. Contohnya produsen mie instan mengolah tepung terigu menjadi mie instan yang siap dikonsumsi, produsen pakaian mengolah kain menjadi kemeja, produsen mebel mengolah kayu menjadi berbagai peralatan mebel. 

Jadi, perusahaan manufaktur adalah perusahaan yang berfungsi sebagai jembatan atau pihak ketiga antara produsen bahan baku dan konsumen yang memerlukan barang jadi yang siap digunakan atau dipakai. Untuk mengolah bahan baku menjadi barang yang jadi atau barang yang memiliki nilai tambah dibutuhkan sumber daya manusia atau bantuan tenaga kerja yang secara langsung terlibat dalam proses produksi. Biasanya dalam proses pengolahannya dibutuhkan alat atau bahan seperti mesin, gedung atau pabrik, pekerja, listrik, air, internet,  dan lain sebagainya.

Baca Juga  Pendidikan Profesi Akuntan

Kelompok yang berkepentingan dalam perusahaanlingkungan perusahaan akuntansi

Dalam akuntansi dan lingkungan bisnis, perusahaan sebagai suatu oraganisasi pencari laba memiliki keharusan untuk berhubungan dengan pihak-pihak lain terkait dengan perusahaan tersebut. Perusahaan harus memberikan informasi menyangkut kinerja dan posisi keuangannya kepada berbagai pihak yang berkepentingan (stakeholder) dengan perusahaan. 

Lingkungan perusahaan memberikan informasi keuangan tersebut merupakan bagian dari komunikasi bisnis sesuai dengan kebutuhan setiap pihak. Untuk berkomunikasi dengan berbagai pihak itulah dibutuhkan bahasa bisnis ynag dapat mudah dipahami oleh semua pihak yang terkait.

Referensi dan sumber :

  • https://sites.google.com/site/lingkunganperusahaan/
  • Buku Pengantar Akuntansi 1 edisi 3

Demikian pembahasan mengenai lingkungan perusahaan akuntansi. Baca juga kategori terkait. Terimakasih telah berkunjung. 

Leave a Reply

Virtual Address

Search Engine Google, Bing, Yahoo, Baidu, Yandex and Duckduckgo