Akuntansi dan Pembukuan

Akuntansi dan pembukuan – Apa perbedaan akuntansi dengan pembukuan? Seperti yang kita ketahui Akuntansi dengan Pembukuan itu berbeda, jadi apa saja perbedaan yang mendasar dari keduanya?

Biasanya akuntansi sering disebut bahasa bisnis baik perorangan maupun perusahaan. Semakin paham kita memahami bahasa tersebut maka semakin baik kita dapat mengelola apsek atau sudut pandang keuangan pada perusahaan.

Pengertian Akuntansi dan Pembukuan

Akuntansi

Sebelumnya kita harus mengetahui apa itu akuntansi? Secara umum akuntansi adalah suatu sistem untuk menghasilkan informasi keuangan yang digunakan dalam proses pengambilan keputusan yang menyediakan laporan untuk para pemangku kepentingan mengenai aktivitas ekonomi dan kondisi bisnis pada perusahaan.

Baca Juga  Pendidikan Profesi Akuntan

Tujuan akuntansi sendiri ialah untuk mencatat, melaporkan dan menginterpretasikan data-data ekonomi untuk digunakan sebagai pengambil keputusan, hal tersebut memberikan petunjuk dalam memilih tindakan yang paling baik untuk mengalokasikan sumberdaya pada aktivitas bisnis dan ekonomi.

Pembukuan

Menurut UU Nomor 28 Tahun 2007 Pasal 28, pembukuan adalah suatu proses pencatatan yang dilakukan secara teratur untuk mengumpulkan data dan informasi keuangan yang meliputi harta, kewajiban, modal, penghasilan, dan biaya, serta jumlah harga perolehan dan penyerahan barang atau jasa, yang ditutup dengan menyusun laporan keuangan berupa neraca, dan laporan laba rugi untuk periode tahun pajak tersebut.

Jadi pembukuan merupakan bagian yang tak terpisahkan dari akuntansi.

Baca Juga  Metode Pencatatan Akuntansi

Perbedaan Akuntansi dan Pembukuan

Jika kita bedakan antara akuntansi dan pembukuan maka, akuntansi adalah suatu proses yang diawali dengan mencatat, mengelompokkan, mengolah serta menyajikan data, mencatat transaksi apapun yang berhubungan dengan keuangan sehingga menghasilkan informasi yang dapat digunakan. Dalam akuntansi para pekerjanya harus memerlukan pengetahuan yang mendalam.

Sedangkan pembukuan adalah pencatatan transaksi keuangan, pembukuan mencakup bagian akuntansi sperti pengambilan keputusan tidak dapat diambil jika hanya berpatok pada catatan pembukuan. Dalam menentukan posisi keuangan, pembukuan tidak membalikkan suatu organisasi. Dan para pekerjannya tidak cenderung sedikit memerlukan pengetahuan.

Referensi dan sumber :

  • https://books.google.com.au/books?id=JGWkYRhuTEQC
  • Buku pengantar akuntansi edisi 3
  • https://www.jurnal.id/blog/manfaat-pembukuan-bagi-perusahaan

Demikian pembahasan mengenai Perbedaan akuntansi dan pembukuan. Baca juga kategori terkait. Terimakasih telah berkunjung. 

Baca Juga  Laporan Keuangan dan Unsurnya

Leave a Reply

Virtual Address

Search Engine Google, Bing, Yahoo, Baidu, Yandex and Duckduckgo