Bidang-Bidang Akuntansi

SantuyNesia – Semakin cepat pertumbuhan ekonomi dan kompleksitas masalah suatu perusahaan yang didorong oleh kemajuan teknologi, meningkatnya peraturan pemerintah tentang kegiatan perusahaan, maka akuntan dituntut untuk mengkhususkan keahlian mereka di bidang akuntansi. Berikut Penjelasannya.

Bidang-Bidang Akuntansi

1. Akuntansi Keuangan

Akuntansi keuangan juga disebut akuntansi umum, yaitu akuntansi yang berkaitan dengan pencatatan transaksi perusahaan dan penyusunan laporan keuangan berkala yang dipandu oleh prinsip akuntansi. Laporan keuangan dapat digunakan sebagai informasi internal dan eksternal perusahaan.

2. Akuntansi Managerial

Akuntansi manajemen menggunakan data historis dan perkiraan untuk membantu manajemen dalam operasi sehari-hari dan perencanaan operasional masa depan. Bidang ini mengelola kasus-kasus khusus yang dihadapi oleh manajer perusahaan dari berbagai tingkatan organisasi.

Baca Juga  Lingkungan Perusahaan Akuntansi

3. Akuntansi Biaya

Akuntansi biaya adalah bidang akuntansi khusus yang mencatat, menghitung, menganalisis, mengawasi dan melaporkan masalah manajemen terkait dengan biaya dan produksi. Akuntansi biaya tidak hanya menumpu bagaimana mencatat biaya dan analisis biaya.

4. Akuntansi Lingkungan

Akuntansi lingkungan untuk perusahaan adalah kemampuan untuk meminimalkan masalah lingkungan yang mereka hadapi. Banyak perusahaan industri dan jasa besar sekarang menerapkan akuntansi lingkungan.

Tujuannya adalah untuk meningkatkan efisiensi pengelolaan lingkungan dengan mengevaluasi kegiatan lingkungan dari sudut pandang biaya lingkungan dan manfaat atau efek dari manfaat ekonomi.

5. Akuntansi Perpajakan

Bidang akuntansi pajak meliputi mempersiapkan laporan pajak dan mempertimbangkan konsekuensi pajak dari transaksi bisnis yang direncanakan.

6. Sistem Akuntansi

Sistem akuntansi adalah bidang Akuntansi khusus terkait dengan pembentukan prosedur akuntan dan peralatannya bersama dengan penentuan langkah dalam pengumpulan dan pelaporan data keuangan.

Baca Juga  Konsep dan Prinsip Akuntansi

7. Pemeriksaan Akuntansi

Pemeriksaan akuntansi adalah bidang kegiatan akuntansi yang secara khusus melakukan audit publik dan gratis.

8. Akuntansi Keperilakuan

Akuntansi perilaku itu sendiri adalah bidang baru, yang berkaitan dengan perilaku seseorang, kelompok atau organisasi, terutama yang berkaitan dengan informasi akuntansi dan proses audit

9. Akuntansi Internasional

Akuntansi internasional adalah bidang akuntansi yang secara khusus membahas masalah perdagangan internasional perusahaan multinasional.

10. Akuntansi Sektor Publik

Akuntansi sektor publik adalah bidang akuntansi khusus yang digunakan oleh lembaga pemerintah. Lembaga pemerintah tidak berguna pemerintah memelihara dan memelihara catatan penerimaan dan pencairan dana secara teratur.

11. Akuntansi Syariah

Akuntansi Syariah adalah bidang yang berbau dalam studi akuntansi yang dikembangkan berdasarkan nilai-nilai, etika dan syariah, oleh karena itu juga dikenal sebagai akuntansi Islam.

Baca Juga  Siklus Akuntansi

12. Akuntansi Sumberdaya Manusia

Bidang Akuntansi sumber daya manusia adalah bidang Akuntansi bagi manusia sebagai sumber daya organisasi yang mengimplikasikan pengukuran biaya yang dikeluarkan oleh perusahaan bisnis dan organisasi lain untuk merekrut, memilih, mempekerjakan, melatih, dan mengembangkan kegiatan manusia.

13. Akuntansi Lembaga Nirlaba

Akuntansi nirlaba adalah perusahaan akuntansi yang berspesialisasi dalam masalah pencatatan dan pelaporan transaksi dari unit pemerintah dan organisasi nirlaba lainnya seperti yayasan, lembaga keagamaan, amal, lembaga pendidikan dan lembaga lainnya.

Elemen penting dari akuntansi ini adalah sistem akuntansi yang menjamin manajemen akan kompatibel dengan batasan dan persyaratan lain yang diuraikan oleh undang-undang, oleh lembaga lain, atau oleh individu yang merupakan donor


Referensi:

  • buku pengantar akuntansi 1 edisi 3

Demikianlah materi tentang bidang-bidang akuntansi. Semoga bermanfaat untuk kita semua. Baca juga kategori terkait. Terimakasih telah berkunjung.

Leave a Reply

Virtual Address

Search Engine Google, Bing, Yahoo, Baidu, Yandex and Duckduckgo