Cara Membuat Google Analytics Versi Lama

Santuynesia – Halo semuanya, kali ini kita akan membahas bagaimana cara mengembalikan google analytics versi lama atau disebut versi universal.

Sekarang google analytics sudah ada versi terbarunya loh yaitu versi 4. Tetapi banyak diantara kita yang masih belum terbiasa dengan versi terbarunya.

Untuk yang ingin tau apa sih berbedaan analytics 4 dengan versi universal atau lama? bisa klik disini. Nanti kita akan tau secara jelas dan lebih dalam perbedaan antara keduannya.

Cara Mengembalikan Google Analytics Versi Lama

Baik, tak usah basa-basi langsung saja bagaimana cara mengembalikan google analytics ke versi lama. Simak penjelasanya yaa.

Jika teman-teman ingin membuat atau mengembalikan analytics versi lama pastikan dulu apakah sudah yakin ingin melakukan downgrade apa belum.

Baca Juga  Cara Menggunakan Fungsi Karakter Rumus Left, Mid, Right

Kalau sudah yakin, silakan hapus properti yang versi 4 nya, Ini biasanya ada di laman admin. Pilih properti yang ingin dihapus.

Okeh lanjut yaa.

1. Login ke google analytics kemudian masuk ke laman Admin. Tombol ada di pojok kiri bawah.
2. Lalu klik tambah properti. Seperti gambar dibawah.

buat properti analytics

3. Pada bagian 1 Penyiapan properti, silakan ikuti dan isi apa yang diminta. Biasanya yang diminta nama properti, zona, dan mata uang. Jika sudah di isi selanjutnya klik “Tampilkan opsi lanjutan“.

google analytics versi lama

4. Kemudian silakan klik tombol disebelah kanan hingga berwarna biru, dan nanti akan muncul pilihan. Nahh disini kita bisa pilih “Buat properti Analytics Universal saja” dan jangan lupa isikan domain kita dikolom tersebut. Lebih kurang seperti gambar dibawah, lalu klik berikutnya.

google analytics universal

5. Dibagian 2 tentang Bisnis Anda disini bisa disi sesuai kebutuhan masing-masing yaa. Sebagai contoh:

  • Pada kategori industri saya memilih lainnya.
  • Ukuran bisnis pilih kecil karena dikelola sendiri.
  • Lalu saya mencentang 3 point. Ini bisa teman-teman atur sendiri yahh.
Baca Juga  Cara Upload File di Elearning

Nahh jika kita tadi sudah membuat propertinya. Taraaa kita sudah bisa membuat google analytics ke versi lama. Nanti kita akan langsung diarahkan ke kode pelacakan. Seperti gambar dibawah.

google analytics lama

Sekarang kita bisa memasukan kode tersebut ke situs kita masing-masing, bisa dengan kode yang berawalan dari UA atau yang berbentuk javascript.

Untuk blogspot bisa letakan kode analisis diantara bawah <head> atau diatas </head>, dan untuk pengguna wordpress biasanya sudah ada kolom khusus untuk kode pelacakan.

Jika tidak ada bisa menggunakan plugin seperti Site Kit by google atau saran saya ad inserter biar dijadikan 1 tempat untuk kode pelacakan, kode ads atau kode lainnya.

Baca Juga  Cara Upload File di Elearning

Demikianlah cara membuat google analytics ke versi lama. Semoga bermanfaat untuk kita semua. Baca juga yaa kategori terkait.

Leave a Reply

Virtual Address

Search Engine Google, Bing, Yahoo, Baidu, Yandex and Duckduckgo