Cara Menabung di Bank dengan Baik dan Benar

Santuynesia – Menabung adalah hal terpenting dalam hidup. Meski sangat berguna untuk stabilitas keuangan, masih banyak orang yang tidak mau menabung di bank karena berbagai alasan.

Salah satunya karena Anda tidak tahu cara menabung di bank. Meski caranya sederhana dan praktis, terutama menabung di bank sangat aman dilakukan.

Sebelum benar-benar menabung di bank, ada baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu apa perbedaan antara menabung dan berinvestasi, serta apa manfaat keduanya.

Jadi, selain hemat uang, Anda juga bisa melakukan investasi yang juga menguntungkan.

Cara Menabung di Bank untuk Pemula

Padahal, langkah menabung di bank sangat mudah dilakukan. Namun bagi anda yang belum begitu paham, berikut panduan cara menabung di bank untuk pemula, apalagi jika ingin menabung di bank konvensional dengan datang ke kantor cabang bank:

1. Siapkan Dokumen yang Dibutuhkan

Langkah pertama yang harus dilakukan sebelum menabung adalah menyiapkan dokumen-dokumen yang diperlukan untuk membuat rekening bank.

Baca Juga  Tips Berhemat untuk Gaji UMR, Agar Bisa Menabung dan Berinvestasi

Misalnya KTP / SIM / Kartu Mahasiswa atau Kartu Pelajar. Kemudian persiapkan dokumen lain seperti NPWP atau KK, karena alokasi tiap bank biasanya berbeda.

2 Mempersiapkan Uang Tunai

Setelah itu anda akan diminta untuk memasukkan sejumlah uang tunai dengan limit minimal, dimana besaran untuk masing-masing bank juga berbeda-beda.

Misalnya di Bank BCA dan Mandiri minimal Rp 500.000, sedangkan BRI Rp 250.000. Setoran awal ini akan dikreditkan ke rekening tabungan Anda.

3. Datanglah ke Bank Tujuan Pilihan

Untuk mengatur administrasi pembuatan rekening ini sebaiknya datang langsung ke bank, apalagi jika menabung di bank konvensional bukan bank digital.

Dengan begitu proses pembuatan akun bisa dilakukan dengan mudah dan cepat. Anda bisa memilih lokasi bank yang paling dekat dengan tempat tinggal Anda.

4. Mengambil Nomor Giliran

Datang ke bank dan ambil nomor antriannya, biasanya satpam di bank akan membantu anda mendapatkan nomor antrian tersebut.

Baca Juga  Bank Syariah dan Bank Konvensional: Rangkaian Perbedaan yang Perlu Kita Ketahui

Setelah memasukkan nomor antrian, tunggu sampai customer support (CS) bank memberikan nama Anda untuk memproses pembuatan akun.

5. Proses Pembukaan Rekening

CSbank akan menghubungi Anda dan menanyakan persyaratan yang diperlukan untuk membuat akun, yang telah Anda persiapkan sebelumnya. Pembuatan akun ini bertepatan dengan pembuatan kartu ATM.

6. Memilih Produk Tabungan Menurut Preferensi Individu

Setelah itu CS akan memberikan Anda pilihan produk penyimpanan yang bisa Anda pilih, dan apa saja keunggulan dari masing-masing penghematan tersebut.

Jika CS sudah menjelaskan produk storage, kini saatnya Anda memilih produk storage yang Anda butuhkan.

Fitur lain selain ATM saat membuka rekening ini cukup beragam, seperti internet banking dan mobile banking yang akan memudahkan Anda dalam proses transfer uang.

Pilihan Cara Menabung di Bank

Setelah berhasil membuat nomor rekening, Anda bisa menabung di bank dengan berbagai cara. Berikut opsinya:

1. Menggunakan Slip Setoran

Cara ini diperuntukkan bagi Anda yang datang langsung ke bank dan menabung langsung dengan menyetorkan uang tunai ke rekening Anda, setelah itu Anda akan diberikan tanda terima setoran sebagai bukti uang telah sampai.

Baca Juga  Ini Rupanya Kegunaan Kartu Kredit yang Jarang Kita Ketahui

2. Melakukan Transfer

Jika Anda ingin mentransfer atau menerima transfer, Anda dapat menggunakan ATM, e-banking, dan m-banking terlebih dahulu.

3. Setoran Tunai ATM

Anda juga dapat menabung menggunakan metode setoran tunai. Setoran tunai dilakukan dengan menyetorkan uang ke mesin ATM khusus untuk mendapatkan uang tunai, jadi Anda tidak perlu mengantri di bank.

Itulah panduan cara menabung di bank yang bisa menjadi referensi bagi para pemula. Padahal, selain melalui bank konvensional, ada cara lain yang memudahkan Anda dalam menabung.

Anda dapat menggunakan produk penyimpanan BTPN Jenius. Anda dapat menabung dengan Jenius melalui aplikasi tanpa harus ke bank yaitu verifikasi via video call. Dengan begitu proses menabung Anda bisa dilakukan dengan lebih mudah.


Ref: www.daya.id/usaha/artikel-daya/keuangan/langkah-langkah-dan-cara-menabung-di-bank-untuk-yang-belum-paham

Leave a Reply

Virtual Address

Search Engine Google, Bing, Yahoo, Baidu, Yandex and Duckduckgo