Cara Promosi di Media Sosial yang Paling Efektif dan Hemat Waktu

Santuynesia – Promosi akan menentukan efektifitasnya dalam meningkatkan penjualan, meningkatkan kepuasan pelanggan, dan meningkatkan kesadaran merek.

Sebesar apapun bisnis Anda, teknik promosi akan sangat mempengaruhi kesuksesan bisnis Anda.

Tidak dapat disangkal bahwa bisnis online sedang berkembang. Banyak pengusaha beralih ke operasi online daripada offline karena dianggap lebih menjanjikan.

Apalagi kini semuanya sudah bisa dijual secara online, termasuk makanan pokok seperti buah-buahan dan sayur-sayuran.

Cara Promosi Melalui Media Sosial yang Tepat

Nah, jika berbicara tentang bisnis online yang sedang berkembang, sebagai pedagang semua online, Anda bisa menggunakan semua media sosial untuk memasarkan produk andalan Anda.

Kini nampaknya hampir semua orang dari segala usia memiliki akun media sosial, baik itu Facebook, Twitter, Instagram atau lainnya.

Banyaknya orang yang menggunakan media sosial saat ini menjadikan media sosial memiliki peran yang sangat andal dalam mempromosikan bisnis online.

Bagi para UKM yang masih pemula, silahkan simak beberapa point penting cara promosi bisnis online melalui media sosial berikut ini.

1. Ketahui Target Konsumen

Cara promosi yang pertama adalah Anda harus memahami terlebih dahulu target pasar yang ingin Anda bidik, baik itu dewasa, muda, wanita atau ibu-ibu.

Guna mempermudah pengoperasian, sesuaikan dengan produk yang akan dijual. Dengan begitu, semakin banyak pengguna media sosial yang tertarik dengan produk yang ditawarkan.

2. Bangun Komunikasi Yang Baik

Usahakan menjalin komunikasi yang baik dengan pelanggan. Caranya bisa dimulai dengan menanyakan apakah produk yang dibeli sudah tiba. Jika menurut Anda benar-benar telah tiba, silakan minta bukti mereka.

Menjalin hubungan personal dengan pelanggan juga bisa dilakukan dengan mengucapkan ulang tahun kepada pelanggan setia Anda melalui SMS atau email.

Anda juga bisa memberikan hadiah kecil berupa potongan harga di hari-hari istimewanya. Tentunya, pendekatan ini bisa membuat customer merasa lebih dekat dengan Anda.

3. Beri Sampel Gratis

Dengan memberikan sampel gratis, terlepas dari apakah mereka bersedia membeli, strategi ini akan membantu memperkenalkan konsumen pada produk yang mungkin belum mereka pertimbangkan sebelumnya, sehingga mendorong mereka untuk membeli.

Meskipun metode ini paling cocok untuk makanan, metode ini juga dapat digunakan untuk produk seperti parfum, lipstik, atau produk aromaterapi.

4. Beli Satu Gratis Satu

Gratis adalah salah satu kata yang dapat menarik lebih banyak pelanggan. Cara promosi populer lainnya adalah “Beli Satu Dapat Satu Gratis” atau “Beli Dua Dapat Satu Gratis”.

Baca Juga  Yang Harus Dilakukan Untuk Memulai Bisnis Online

Mengadakan promosi “beli satu gratis satu” sangat ideal, terutama bagi penjual yang ingin cepat menghabiskan produk lama.

Misal, jika produk A dengan harga Rp25.000 dijual Rp100.000 dengan diskon 50%, Anda akan mendapat untung Rp25.000. Sekarang, ubah diskon 50% menjadi “Beli Satu Gratis Satu”, dan harga tetap Rp 100.000.

Kedua teknik di atas memiliki nilai keuntungan yang sama pada kedua produk tersebut.

Namun, ketika pembeli membaca kata “gratis” akan membuatnya tertarik karena merasa bisa mendapatkan sesuatu secara gratis hanya dengan membeli produk tersebut.

5. Buat Status Yang Menarik

Ini adalah cara termudah dan paling praktis untuk mempromosikan produk. Anda hanya dapat melakukan ini dengan membuat pengingat promosi dengan status yang diinginkan.

Ingat, status yang Anda buat harus semenarik mungkin agar banyak orang menyukai dan berbagi status yang Anda buat.

Semakin banyak orang membagikan status ini, semakin banyak orang yang tahu tentang bisnis online yang Anda jalankan.

Status yang menarik itu yang singkat, tetapi berbobot. Kata-kata ini harus mengandung informasi yang mewakili produk yang dijual.

Meski begitu, jangan memasukkan unsur SARA karena dapat mengganggu bisnis Anda. Misalnya dengan memasukkan unsur humor untuk menciptakan keadaan yang berpotensi menjadi viral.

Seperti:

  • Dapatkan bonus aksesoris cantik untuk 10 order pertama.
  • Garansi 100% Barang Ori”, “Garansi uang kembali jika ukuran pakaian tidak sesuai.
  • Promo All Item Selama Bulan Maret.
  • Cuci gudang besar-besaran. Dapatkan berbagai produk kami segera, stok terbatas.

6. Gunakan Hashtag Saat Beriklan

Sebelumnya kita sudah membahas cara promosi dengan membuat status yang menarik, nahh pada setiap postingan di media sosial jangan lupa tambahkan # tag yaa.

Tag sangat berguna untuk memudahkan orang menemukan produk yang mereka butuhkan di media sosial.

Gunakan tag khusus, seperti #DurianMedanMurah atau #JualBajuMurah. Anda dapat memasukkan tag ini di bagian bawah status media sosial.

7. Update Foto Terbaru

Agar lebih meyakinkan konsumen, perbarui foto Anda seperti foto profil, foto produk atau jasa di media sosial secara berkala. Misalnya, setiap satu atau dua minggu sekali.

Gunakan foto produk yang berkualitas agar orang tertarik dengan produk yang dijual. Khusus untuk Facebook, jangan lupa untuk berpartisipasi menggunakan gambar terbaru dan terupdate untuk mengganti sampul profil Anda.

8. Diskon Hari Spesial

Teknik ini biasanya selesai menjelang akhir tahun. Namun, cara promosi ini juga bisa Anda tawarkan pada waktu-waktu tertentu sepanjang tahun.

Misalnya, jika diskon kembali ke sekolah ditawarkan di awal setiap semester baru untuk mempromosikan perlengkapan sekolah, itu akan sangat bagus.

Anda juga bisa membuat diskon khusus untuk perlengkapan muslim pada saat menjelang Idul Fitri.

Oleh karena itu, pantau terus kalendermu untuk menemukan tema pemasaran yang pas dan rencanakan promo jauh-jauh hari untuk memaksimalkan hasilnya.

9. Menawarkan Cashback

Cashback adalah jumlah yang dikembalikan konsumen setelah melakukan pembelian. Jika pembelian dilakukan sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan penjual maka berlaku cash back. Biasanya berupa pembelian dengan nominal tertentu.

Baca Juga  Ide Bisnis Pertanian Rumahan, Peluangnya Lumayan Loh

Sekalipun kondisi berlaku, cash back tetap menjadi salah satu cara promosi untuk menarik konsumen. Anda dapat mengunjungi beberapa pasar utama dan mendapatkan uang kembali dari berbagai promosi mereka.

Ingat, cash back bukan hanya bagian dari pasar. Pemilik toko online juga bisa menerapkan promosi ini untuk menjual segala sesuatu mulai dari elektronik hingga fashion.

10. Penjualan Kilat / Flash Sale

Promosi diskon besar memang bagus, tetapi orang akan lebih tertarik jika Anda memberinya dalam waktu terbatas.

Flash sale akan menarik perhatian orang, jika mereka melewatkan kesempatan untuk membeli, mereka akan merasakan tekanan dan kekesalan.

Buat promosi untuk waktu terbatas. Anda dapat membatasi durasinya mulai 24 jam hingga 30 hari.

Untuk menjual dalam skala besar dalam waktu 24 jam, Anda perlu mempromosikan dalam skala besar dan berinteraksi dengan influencer jika diperlukan.

11. Pengumpulan Poin Rewards

Poin reward adalah contoh promosi melalui program loyalitas pelanggan. Artinya, konsumen yang loyal terhadap produk Anda berhak mendapatkan penawaran khusus.

Metode promosi ini dapat digunakan di banyak para pebisnis. Misalnya, jika Anda memiliki tempat cuci mobil.

Anda dapat membagikan kartu promosi khusus. Setiap kali pelanggan mencuci mobil di rumah Anda, mereka akan menerima voucher. Setelah mencuci lima kali, mereka bisa mencuci mobil satu kali secara gratis.

Tentunya, pelanggan Anda akan puas dengan promosi poin bonus ini.

12. Membuat Voucher atau Kupon Promo

Cara promosi produk melalui pembagian voucher bisa menjadi cara cukup ampuh untuk menarik minat konsumen. Anda mungkin sudah pernah menerima voucher makan saat membeli beberapa majalah.

Di era digital ini, penggunaan voucher elektronik sudah mulai menggantikan voucher fisik. Banyak pemilik bisnis bahkan membagikan voucher promosi melalui email, atau bahkan langsung di aplikasi (dalam aplikasi) yang digunakan konsumen.

13. Kurangi Ongkos Kirim

Salah satu hal yang perlu diperhatikan saat berbelanja online adalah biaya pengiriman.

Meski belanja online lebih mudah bahkan lebih murah, terkadang ongkos kirim yang harus dibayar lebih mahal dari barang yang dibeli.

Akibat kendala tersebut, sebagian orang akhirnya enggan berbelanja secara online.

Memberi potongan ongkos kirim merupakan salah satu cara untuk menyingkirkan kendala tersebut.

Misal, untuk setiap pembelian minimal Rp70.000, kamu akan mendapatkan diskon ongkos kirim Rp 20.000.

Dengan cara ini, masyarakat akan tertarik berbelanja hingga 70.000 rupiah untuk mendapatkan potongan ongkos kirim.

14. Memberikan Garansi

Konsumen akan semakin nyaman saat membeli produk dengan jaminan garansi, ini merupakan cara promosi yang bagus ditawarkan.

Jenis jaminan yang diberikan dapat berkisar dari keaslian barang, kualitas barang hingga harga yang bersaing. Tentunya hal ini tergantung dari jenis produk yang ditawarkan.

Dalam jenis bisnis yang menawarkan produk yang hampir sama, persaingan dengan pesaing sangat bergantung pada faktor harga.

15. Berikan Respon Yang Cepat

Sebagai seorang wiraniaga, Anda harus mengambil tindakan positif. Jika calon pelanggan menanyakan informasi tentang produk, coba berikan tanggapan yang cepat.

Baca Juga  Ide Bisnis Pertanian Rumahan, Peluangnya Lumayan Loh

Pasalnya, calon pelanggan yang sudah tidak sabar bisa memilih toko lain. Jadi, pastikan kamu selalu update sosial media agar tidak kehilangan banyak customer.

16. Mengadakan Giveaway

Pengguna media sosial mungkin sudah tidak asing lagi dengan istilah “giveaway”. Giveaway biasanya dilakukan di platform sosial untuk menarik pelanggan baru dan menarik lebih banyak pengikut.

Salah satu cara promosi yang paling umum adalah melalui giveaway Instagram, yang mengharuskan pengguna untuk menandai beberapa orang di komentar dan memposting cerita mereka.

Hadiah tidak hanya meningkatkan pengaruh produk atau jasa di media sosial, tetapi juga secara khusus meningkatkan kesadaran orang-orang tentang produk atau layanan yang Anda promosikan.

17. Berkolaborasi dengan Blogger dan Influencer

Berkolaborasi dengan blogger terkait produk yang Anda jual. Anda dapat membayar layanan mereka untuk menulis ulasan tentang produk yang mereka jual.

Selain blogger, membangun relasi dengan influencer di media sosial dan Youtuber juga menjadi langkah tepat untuk mempromosikan produk di zaman sekarang ini.

Anda bisa mengenali influencer yang memiliki banyak pengikut atau pengikut. Jika perlu, jadikan mereka sebagai duta merek (endorse) produk kita untuk menarik pembeli.

18. Beriklan di Media Sosial

Cobalah beriklan melalui Facebook maupun Instagram. Menurut lokasi geografis, usia, jenis kelamin, hobi, dll untuk menemukan pengguna yang akan melihat iklan.

Anda dapat membuat akun Instagram atau Facebook yang didedikasikan untuk bisnis Anda. Cara promosi di instagram merupakan metode paling banyak digunakan saat ini

Anda dapat mengatur feed Anda menjadi topik yang menarik sehingga orang-orang akan betah saat melihat akun Instagram bisnis Anda.

Foto adalah produk yang dijual dengan menarik berdasarkan tema feed. Akun Instagram yang menarik dan berpenampilan rapi membuat bisnis Anda terlihat profesional sehingga membuat konsumen tertarik untuk membeli.

19. Menjadi Sponsorship

Di Indonesia banyak sekali seminar, training, talkshow, dll yang diselenggarakan oleh organisasi, perusahaan, sekolah, kampus atau beberapa event organizer.

Biasanya penyelenggara membutuhkan sponsor untuk menunjang kegiatannya. Kebutuhan sponsor juga berbeda-beda, biasanya selain dana mereka juga perlu menggunakan produk sebagai hadiah di tempat bagi peserta acara.

Nah, inilah kesempatan Anda untuk memanfaatkan kesempatan ini guna mendapatkan dukungan untuk acara tersebut. Selain uang, Anda juga dapat menyediakan produk atau acara permintaan untuk mendirikan stan penjualan.

Setelah menjadi sponsor, keuntungan lain yang akan Anda dapatkan adalah MC yang mengarahkan acara akan menamai sponsor yang mendukung acara tersebut. Dengan cara promosi ini, bisnis Anda akan dikenal oleh semua orang.

Akhir Kata

Sebelum memutuskan promosi mana yang akan dijalankan, Anda harus memahami dulu tujuan Anda. Apakah untuk melengkapi produk, meluncurkan produk, atau mendapatkan lebih banyak pengikut? Jika iya, kamu bisa menentukan yang paling cocok beberapa tips di atas!

Demikianlah strategi cara promosi yang efektif pada saat ini. Semoga bermanfaat bagi kita semua.

Leave a Reply

Virtual Address

Search Engine Google, Bing, Yahoo, Baidu, Yandex and Duckduckgo