Etika Profesi Akuntan

SantuyNesia – Saat menjalankan tugas profesionalnya, akuntan diwajibkan untuk mematuhi aturan etika yang diatur dalam kode etik akuntan atau disebut dengan etika profesi akuntan.

Kode Etik Akuntan adalah prinsip dan praktik moral dimana akuntan bertindak sedemikian rupa sehingga apa yang dilakukannya dianggap oleh publik sebagai tindakan terpuji dan meningkatkan martabat dan kehormatan profesinya.

Etika profesi akuntan merupakan kode etik yang disepakati dan diatur oleh lembaga profesi. Dengan adanya kode etik ini diharapkan akuntan memahami dan menerapkannya sebagai tanggung jawabnya dalam penugasan profesionalnya.

Etika Profesi Akuntan

Setiap akuntan profesional harus memahami dan menerapkan kode etik akuntansi. Pelanggaran etika di pihak akuntan sebagian besar merupakan pelanggaran kode etik yang diatur oleh lembaga profesi.

Akuntan yang melanggar standar etika terkadang tidak menyadari atau bahkan tidak peduli dengan konsekuensi dari pelanggaran tersebut.

Baca Juga  Lingkungan Perusahaan Akuntansi

Misalnya, dalam kasus Enron di Amerika, 50.000 pekerja kehilangan pekerjaan dan sekitar 250.000 investor kehilangan uang investasi bernilai triliunan rupiah. Pengaruh lainnya adalah ketidakpercayaan publik terhadap profesi ini (Badjuri, Achmad, 2010).

Kode Etik Akuntan

Kode Etik Akuntan Indonesia memuat berbagai ketentuan khusus mengenai etika profesi akuntan. Beberapa hal penting yang tercantum dalam kode etik akuntan antara lain:

  1. Setiap akuntan harus senantiasa menjaga nama baik profesinya dan mematuhi aturan dan etika profesi akuntan, serta hukum negara tempat ia melakukan pekerjaannya;
  2. Setiap akuntan harus menjaga integritas dan objektivitas dalam melaksanakan tugasnya;

A. Kepemilikan dalam Bentuk Saham

Bukti kepemilikan perusahaan komersial berbentuk perseroan terbatas berupa saham. Saham ini bisa dijual atau dialihkan kepada orang lain kapan saja. Inilah salah satu kelebihan dari bentuk bisnis ini, dimana pemilik (pemegang saham) dapat menjual atau mengalihkan kepemilikannya tanpa mengubah struktur dan status perusahaan itu sendiri.

Baca Juga  Kegunaan Akuntansi

B. Tanggung Jawab yang Terbatas

Keunggulan lain dari badan usaha yang berbentuk perseroan terbatas adalah perseroan terbatas yang dimiliki oleh pemegang saham.

Jika perusahaan terus menerus mengalami kerugian yang berujung pada kebangkrutan atau ketidakmampuan untuk melunasi hutangnya kepada kreditor, ukuran pemegang saham maksimal adalah hanya akan kehilangan sejumlah dana yang diinvestasikan dalam saham.

Pemberi pinjaman tidak bisa menggunakan aset pribadinya. Namun, jika pemegang saham mengoperasikan perseroan terbatas, pemegang saham memiliki kewajiban tidak terbatas.

C. Umur yang Tidak Terbatas

Sebuah perseroan terbatas didirikan untuk jangka waktu yang tidak terbatas. Perusahaan diharapkan dapat terus beroperasi dalam jangka waktu yang sangat lama.

Jika satu atau lebih pemegang saham tidak lagi ingin berpartisipasi sebagai pemilik, badan usaha tidak boleh dibubarkan atau dilikuidasi. Pemegang saham cukup menjual sahamnya (hak kepemilikan) kepada orang lain dengan harga yang disepakati.

Baca Juga  Profesi Akuntan Indonesia

D. Pemilikan Kepentingan dalam Perusahaan

Aset yang ditanamkan di perusahaan bukan lagi milik pribadi, tetapi dimiliki oleh perusahaan. Dengan menginvestasikan hartanya, seseorang atau badan usaha memiliki kepentingan sebagai pemegang saham perusahaan.

E. Hak atas Laba

Setiap pemegang saham perseroan terbatas berhak atas laba yang diperoleh perseroan selama periode tersebut, sehingga berhak mendapat bagian dari laba tersebut. Bagian dari keuntungan yang diterima perusahaan dan didistribusikan di antara para pemegang sahamnya disebut dividen. Namun, biasanya tidak semua keuntungan/laba yang diperoleh perseroan terbatas dibagikan dalam bentuk dividen.


Referensi :

  • Badjuri, Achmad. 2010. Peran etika akuntan terhadap Pelaksanaan fraud audit. Fokus Ekonomi (FE), Desember, hal 194 – 202.

Leave a Reply

Virtual Address

Search Engine Google, Bing, Yahoo, Baidu, Yandex and Duckduckgo