Cara Redakan Gigitan Semut Rangrang

Santuynesia – Selain memiliki koloni dan berfungsi sebagai serangga, semut rangrang hidup sendiri-sendiri dengan memiliki wilayah atau teritori. Semut ini akan merasa terancam dan berusaha mempertahankan diri dengan cara menggigit saat makhluk lain datang ke wilayahnya. Gigitan semut rangrang cukup beracun dan mengandung 46 protein yang dapat menyebabkan iritasi.

Jika Anda digigit semut rangrang, langkah pertama yang bisa Anda lakukan adalah mencuci bekas gigitan semut dengan air dan mengompresnya dengan es batu. Untuk meredakan gatal dan mencegah infeksi, oleskan salep antibiotik dan krim hidrokortison. Selain pertolongan pertama di atas, Anda juga bisa menggunakan beberapa bahan alami untuk membasmi semut rangrang

1. Pasta Gigi

Barang ini sangat efektif dan efisien dalam mengatasi rasa gatal dan nyeri pada kulit baik akibat gigitan serangga maupun luka ringan akibat panas. Menurut ahli kulit, manusia lebih sensitif terhadap sensasi dingin daripada gatal. Oleh karena itu pasta gigi sangat dianjurkan untuk digunakan sebagai alat penyembuhan.

Baca Juga  Cara Membuat Google Analytics Versi Lama

2. Madu

Bahan kedua yang bisa Anda gunakan untuk mengurangi rasa sakit saat digigit semut rangrang adalah madu. Menurut ahli dermatologi ternama, tekstur madu yang lengket mengandung banyak khasiat anti inflamasi yang berfungsi untuk meredakan gatal.

3. Minyak Kelapa

Terakhir, Anda bisa menggunakan minyak kelapa. Memiliki banyak khasiat anti-inflamasi, minyak kelapa dikenal dapat menyembuhkan luka yang mengiritasi. Anda hanya perlu mengoleskan minyak kelapa pada area yang digigit untuk menyembuhkan peradangan dan gatal-gatal.

4. Kantong Teh Celup

Sifat anti-inflamasi kantong teh dapat mengurangi rasa gatal dan bengkak. Ini efektif dalam mengurangi iritasi karena teh memiliki kandungan asam tanat yang tinggi. Cukup basahi teh yang sudah dicelupkan dan tekan pada bagian yang digigit.

Baca Juga  Cara Menggunakan Fungsi Karakter Rumus Left, Mid, Right

5. Campuran Antara Susu dan Air

Campuran susu dan air akan sangat berkesan untuk menyembuhkan bekas luka maupun rasa gatal yang disebabkan oleh semut rangrang. Kandungan protein dalam susu akan membantu melegakan efek sampingan seperti gatal, sakit dan bengkak. Cara menggunakannya, hanya basahi kain dan lekatkan pada bahagian yang sakit.

6. Minyak Lavender

Konon menggunakan beberapa tetes minyak lavender dapat mengurangi rasa gatal, nyeri, dan bengkak akibat gigitan semut atau serangga. Namun, kita harus selalu memperhatikan kandungan minyak lavender tersebut karena setiap merek memiliki tingkat kandungan yang berbeda-beda.

7. Lidah Buaya

Lidah buaya atau aloe vera merupakan tanaman yang terkenal baik untuk kulit. Saat Anda digigit semut rangrang, oleskan lendir lidah buaya dan letakkan di bagian kulit yang digigit. Lidah buaya berfungsi sebagai pendingin yang membantu meredakan gatal dan nyeri.

Baca Juga  Cara Upload File di Elearning

8. Oatmeal

Selain digunakan sebagai makanan, oatmeal juga efektif untuk Anda gunakan sebagai obat karena digigit semut rangrang. Oatmeal sendiri kaya akan antioksidan yang dapat melembabkan dan menyembuhkan kulit yang terluka akibat gigitan serangga. Anda hanya perlu memanaskan oatmeal, lalu oleskan pada bagian yang digigit selama 15 menit

Nah itulah ramuan yang mudah mengatasi gigitan semut rangrang. Semoga artikel ini dapat membantu Anda mengatasi efek samping seperti nyeri, bengkak dan gatal akibat racun semut rangrang.


Source : www.hipwee.com/tips/semut-rangrang

Leave a Reply

Virtual Address

Search Engine Google, Bing, Yahoo, Baidu, Yandex and Duckduckgo