Ini Rupanya Kegunaan Kartu Kredit yang Jarang Kita Ketahui

Santuynesia – Dulu, saya mengira kartu kredit hanya digunakan untuk membayar belanjaan di toko offline dan di toko online saja. Setelah bekerja selama lebih dari lima tahun di bank yang mengkhususkan diri pada kartu kredit, saya menyadari bahwa kartu kredit memiliki banyak manfaat.

Bagi Anda yang hanya memiliki kartu kredit atau yang sedang mengajukan permohonan kartu kredit. Atau mungkin Anda masih berencana untuk mengajukan kartu kredit. Berikut adalah kegunaan kartu kredit yang harus Anda ketahui.

Kegunaan kartu kredit

1. Kartu kredit digunakan sebagai syarat untuk meminjam uang

Bukan hanya rumah atau mobil yang bisa dijadikan jaminan pinjaman. Kini banyak bank dan perusahaan tekfin memberikan pinjaman dengan syarat calon debitur harus memiliki kartu kredit.

Mengapa bank dan perusahaan tekfin mempercayakan lebih banyak dana kepada pemilik kartu kredit? Tentunya karena data keuangan pemegang kartu kredit harus dianalisa oleh tim manajemen risiko dari bank penyedia kartu kredit tersebut.

Umumnya pemegang kartu kredit adalah mereka yang berpenghasilan tetap. Kecuali jika mereka di-PHK atau mengundurkan diri setelah memiliki kartu kredit.

2. Pinjam uang tunai dari kartu kredit

Ada dua cara yang sah untuk mendapatkan uang tunai dari kartu kredit.

  • Tarik uang tunai di mesin ATM
  • Transfer dana dari kartu kredit ke rekening

Semua kartu kredit memiliki fitur penarikan tunai atau penarikan tunai di mesin ATM. Namun, biayanya cukup mahal, 5% hingga 6% dari dana yang dikeluarkan.

Transfer uang dari kartu kredit adalah pemegang kartu kredit yang menghubungi bank dan meminta bagian dari saldo batas kartu kredit tersebut ditransfer ke rekening pemegang kartu kredit.

3. Sebagai Kartu Pembayaran

Ini adalah penggunaan utama kartu kredit, yaitu kartu kredit sebagai kartu pembayaran sebagai pengganti uang tunai.

Mau belanja di toko, geser saja kalau mau belanja online cukup tulis nomor kartunya.

Semua pembayaran diproses dalam sekejap mata. Beli pulsa, asuransi, motor hingga rumah bisa dibayar dengan kartu kredit.

4. Bantuan Pembayaran

Jika Anda membeli lemari es menggunakan uang tunai, ini berarti Anda membayar harga total lemari es pada saat transaksi dilakukan.

Tidak seperti kartu kredit. Ada tiga opsi metode pembayaran yang dapat Anda pilih.

  • Bayar 10% – Ada periode pembayaran minimum untuk tagihan kartu kredit. Pembayaran kartu kredit minimum adalah 10% dari total biaya atau jumlah tagihan yang tertulis pada tagihan. Membayar minimum tidak akan dianggap sebagai pembayaran yang terlambat dan tidak akan memperburuk skor kredit Anda. Namun, jika Anda melakukan pembayaran minimum, pemegang kartu kredit akan dikenakan bunga sebesar 2,25%.
  • Bayar dengan mencicil – Ini adalah penggunaan kartu kredit yang paling populer. Berbagai promosi cicilan kartu kredit 0%. Selain cicilan 0%, semua perusahaan kartu kredit memiliki program cicilan dengan bunga rendah mulai dari 0% hingga 1%.
  • Bayar penuh – Meskipun namanya kartu kredit, pembayaran kartu kredit dapat dibayar penuh. Saat Anda membayar lunas, tagihan Anda akan lunas dan Anda tidak akan dikenakan biaya apapun kecuali materai Rp. 3000 – Rp6000. Update perubahan materai menjadi Rp. 10.000 hanya akan dikenakan biaya untuk pembayaran lebih dari lima juta. Di bawah bea materai lima juta, pembayaran kartu kredit akan gratis (update 2021)
Baca Juga  Cara Cek Limit Kartu Kredit BNI Via SMS Banking

5. Kartu Kredit Berguna untuk Membayar Tagihan Secara Otomatis

Lebih dikenal sebagai pembayaran tagihan. Pembayaran tagihan kartu kredit adalah pembayaran tagihan tetap seperti PLN, AIR, Pay Television, Asuransi dan lain-lain, dibayar otomatis setiap bulan.

Oleh karena itu, pemegang kartu kredit tidak perlu melapor dengan mengingat batas waktu semua tagihan, karena kartu kredit akan membayar tagihan secara otomatis sebelum jatuh tempo.

6. Buka Transaksi Pemesanan Hotel

Penggunaan kartu kredit lain adalah untuk menjamin transaksi reservasi hotel.

Ukuran transaksi yang valid adalah ketika pengguna check-out dan hotel akan melakukan koreksi tagihan dengan mengurangi / mengembalikan dana ke kartu kredit.

Proses ini akan dilakukan secara otomatis sehingga pemegang kartu tidak perlu melakukan konfirmasi ke bank.

7. Masuk Lounge Di Airport Tanpa Bayar

Banyak kartu kredit di Indonesia menawarkan Lounge Gratis di Bandara.

Beberapa kartu kredit yang tidak memiliki fasilitas gratis biasanya memiliki ruang tunggu gratis untuk ditukar dengan poin.

Ada juga jenis kartu kredit yang hanya mendapatkan free airport lounge saat terjadi keterlambatan.

8. Diskon Maskapai atau Gratis dengan menukarkan Miles

Poin yang terkumpul pada kartu kredit biasanya dapat ditukar dengan mileage, seperti GFF atau Garuda Miles, Krisflyer, BIG POINTS dan lainnya.

Baca Juga  Sebelum Menabung, Pastikan Dulu Hal Berikut Ini Agar Konsisten

Kemudian titik penerbangan tersebut dapat digunakan untuk membeli tiket pesawat. Anda dapat membayar penuh dengan jarak tempuh atau hanya diskon dan sisanya akan dibayar dengan kartu kredit atau uang tunai.

9. Perlindungan asuransi perjalanan

Sebagian besar jenis kartu kredit yang diterbitkan di Indonesia memiliki jaminan asuransi perjalanan.

Pemegang kartu kredit tidak perlu lagi membeli asuransi perjalanan dengan harga terpisah. Mereka hanya perlu membeli tiket dengan kartu kredit dan otomatis dilindungi oleh asuransi perjalanan.

Perlindungan asuransi perjalanan kartu kredit tidak memiliki premi atau gratis.

10. Kartu Kredit Berguna sebagai kartu keanggotaan

Anda dapat mendaftar di paypal dengan mudah jika Anda memiliki kartu kredit. Buat situs web e-niaga shopify dengan kartu kredit.

Dan tidak hanya itu, ada jutaan aplikasi dan game yang bisa Anda ikuti dengan mudah jika Anda memiliki kartu kredit.

Termasuk berbagai aktifitas lainnya seperti kursus online, Gym dan olah raga lainnya.

11. Dapatkan Asuransi Tagihan

Kebanyakan kartu kredit di Indonesia memiliki Asuransi Tagihan. Fasilitas Asuransi Tagihan bukanlah fasilitas wajib sehingga pemegang kartu dapat berpartisipasi atau tidak.

Asuransi penagihan biasanya akan membebankan premi tidak lebih dari 1% dari total tagihan.

Fungsi dari Bill Insurance adalah untuk membayar seluruh tagihan pemegang kartu jika pemegang kartu meninggal dunia dan juga akan mendapatkan santunan.

Tidak, hanya karena kematian, tetapi kesulitan seperti cacat tetap atau cacat sementara karena sakit juga akan bermanfaat.

12. Gaya Hidup dan Hubungan

Tahukah Anda bahwa ada beberapa pertandingan olahraga yang hanya dapat diikuti oleh pemegang kartu kredit jenis tertentu. Seperti turnamen golf bebas bank.

Kartu kredit segmen premium jenis ini akan membuat Anda hidup bak raja. Layanan concierge MasterCard siap membantu segala kebutuhan perjalanan Anda, bahkan hal-hal kecil seperti menyediakan mobil pick-up, mengurus hal-hal yang berkaitan dengan aktivitas perjalanan Anda.

Banyak kartu kredit afinitas yang diterbitkan oleh bank BNI. Jenis kartu kredit ini bisa dikatakan sebagai kartu kredit yang menunjukkan bahwa Anda adalah bagian dari institusi tersebut.

Misalnya, kartu kredit Affinity alumni kampus tertentu, di mana satu-satunya kartu kredit jenis ini adalah alumni kampus. Ada juga kartu kredit yang hanya bisa dimiliki oleh dokter gigi.

Baca Juga  Cara Mengelola Keuangan bagi Anak Kuliah

13. Kartu Kredit untuk Perusahaan

Ini disebut kartu kredit Korporat. Ini adalah jenis kartu kredit yang digunakan oleh perusahaan non-perorangan. Atau kartu kredit yang dikeluarkan atas nama perusahaan dan digunakan oleh individu karyawan perusahaan.

Perusahaan kartu kredit umumnya memiliki batasan yang sangat besar, hingga milyaran dolar. Namun, kartu jenis ini biasanya tidak termasuk dalam program kartu kredit biasa. Anda tidak dapat berpartisipasi dalam program diskon, cicilan dan beberapa program lainnya.

Kartu kredit perusahaan memiliki PIC sendiri di perusahaan. Kartu kredit jenis ini juga memiliki CS atau layanannya sendiri di bank.

14. Kartu Kredit sebagai Kartu Diskon

Bukan rahasia lagi bahwa sebagian besar program diskon toko online hanya dapat digunakan oleh pemilik kartu kredit.

Misalnya lazada, tokopedia, blibli dan lainnya. Toko-toko ini memiliki diskon harian khusus untuk kartu kredit dari bank tertentu.

Meskipun bank penerbit kartu kredit berulang tahun, terkadang mereka menawarkan diskon hingga 50%.

Ada juga potongan jutaan rupiah untuk pra-pemesanan smartphone terbaru. Dan yang paling populer adalah diskon tiga pesawat yang terkadang hanya dibayar puluhan ribu rupiah saat ada promo.

15. Catatan Belanja dengan Kartu Kredit

Setiap bulan pemegang kartu akan dikirimi invoice, di tagihan akan ditulis secara detail tentang pengeluaran bulan lalu. Tagihan kartu kredit dapat diakses melalui email atau dikirim langsung ke alamat surat pemegang kartu.

Pemegang kartu kredit dapat melihat dan mencatat transaksi yang telah dilakukan melalui laporan tagihan kartu kredit. Oleh karena itu, pemegang kartu memiliki data pengeluaran historis.

16. Kartu Kredit sebagai Kartu Pembayaran Keluarga

Pemegang kartu kredit dapat mengajukan kartu tambahan yang dapat digunakan oleh anggota keluarga.

Misalnya, seorang pemegang kartu yang memiliki anak belajar di luar negeri atau di kota lain, pemegang kartu dapat memberikan kartu tambahan kepada anaknya.

Semua penggunaan pada kartu tambahan akan ditagihkan ke pemegang kartu utama.

Itulah 16 kartu kredit yang wajib Anda ketahui. Nyatanya masih banyak lagi kegunaan kartu kredit yang belum penulis sebutkan disini. Semoga penggunaan kartu kredit yang saya tulis di atas akan membuat Anda lebih pintar dalam menggunakan kartu kredit Anda.


Ref: www.kartubank.com/2017/08/kegunaan-kartu-kredit.html

Leave a Reply

Virtual Address

Search Engine Google, Bing, Yahoo, Baidu, Yandex and Duckduckgo