Kamu Seorang Mahasiswa? Berikut Manfaat Organisasi Bagi Mahasiswa

Berbagai Manfaat Organisasi Bagi Mahasiswa! Mahasiswa merupakan salah satu komponen penting dari sebuah perguruan tinggi atau universitas.

Menjadi mahasiswa tentunya bukan hal yang mudah, namun dengan menjadi mahasiswa seseorang dapat memperoleh kesempatan untuk lebih banyak belajar dan mengembangkan potensinya.

Salah satu hal yang dapat dipelajari adalah mengikuti dan aktif berorganisasi, karena berorganisasi banyak manfaatnya bagi siswa.

Organisasi dapat mengembangkan dirinya dengan cara yang lebih mandiri dan lebih luas. Tentunya mahasiswa yang bergabung dengan organisasi akan berbeda dengan mahasiswa yang hanya belajar di kelas.

Organisasi dapat melatih disiplin, keberanian, mengembangkan kemampuan. Baik kemampuan sedang atau kemampuan yang baru, unik, dan berbeda dari kebanyakan orang.

Manfaat Organisasi Bagi Mahasiswa

Organisasi sebagai salah satu penggerak perguruan tinggi atau universitas tentunya memiliki peran yang sangat penting. Seperti halnya komponen di dalamnya, semuanya memainkan peran penting.

Jadi, ini sangat bermanfaat. Berikut ini beberapa manfaat berorganisasi bagi mahasiswa yang aktif di dalamnya. Simak yaa

1. Meningkatkan Pengetahuan dan Wawasan

Dengan mengikuti organisasi, mahasiswa akan belajar banyak hal. Seperti membuat proposal kegiatan, mengelola anggaran, mencari sponsor / donatur dan berhubungan dengan banyak orang, sehingga secara tidak langsung dapat memberikan wawasan dan wawasan yang lebih luas dari sekedar duduk di kelas.

Baca Juga  Fakta Dalam Dunia Perkuliahan yang Harus Diketahui

2. Memperluas Hubungan

Organisasi adalah perkumpulan banyak mahasiswa yang tentunya berasal dari jurusan yang berbeda, daerah yang berbeda, bahkan cara berbicara yang berbeda pula.

Manfaat organisasi bagi mahasiswa akan terasa karena pergaulan yang semakin luas, serta intensitas bertemu orang baru yang semakin meningkat.

3. Belajar Mengatur Waktu

Mahasiswa secara tidak langsung akan belajar disiplin dan mengatur waktu. Karena dengan mengikuti organisasi, siswa akan diminta untuk tepat waktu dalam pertemuan atau kegiatan sehingga dapat bertanggung jawab atas waktu yang mereka lewatkan.

Mereka juga dapat mengatur waktu bermain dalam organisasi atau waktu untuk belajar dan mengerjakan tugas.

4. Meningkatkan Keterampilan Komunikasi

Manfaat berorganisasi selanjutnya bagi mahasiswa adalah dapat meningkatkan kemampuan komunikasinya. Sebagaimana dijelaskan di atas, organisasi itu memungkinkan mahasiswa untuk bertemu dengan banyak orang.

Hingga saat ini, setiap anggota didorong untuk dapat meningkatkan komunikasi tatap muka dan juga dapat mempraktekkan public speaking saat mahasiswa mempresentasikan segala kegiatan.

5. Mengasah Keterampilan Sosial

Tidak hanya meningkatkan keterampilan komunikasi, organisasi juga dapat mengasah keterampilan sosial. Karena dalam kegiatan berorganisasi, mahasiswa tidak hanya dilibatkan di kampus.

Tetapi belajar dalam situasi sosial di luar kampus dengan berbagai kegiatan bakti sosial, penanggulangan bencana, kegiatan kemahasiswaan yang mencintai alam dan sebagainya.

6. Memperluas Jaringan

Dengan ragam kegiatan yang tersedia, baik yang diadakan di dalam kampus maupun di luar kampus. Ini memungkinkan setiap siswa menemukan donatur serta sponsor untuk acara-acara besar.

Sehingga mahasiswa dapat mencari dan menghubungi kontak penting serta dapat dengan mudah memperluas jaringannya.

Baca Juga  Tips Sederhana Agar Lebih Menarik di Mata Orang Lain

Manfaat organisasi ini bagi mahasiswa dapat menjadikan mahasiswa lebih dikenal dan berdampak positif bagi masa depan mereka setelah lulus.

7. Menjadi Kuat saat Menghadapi Tekanan

Jika mahasiswa memasuki suatu organisasi di kampus, biasanya mereka akan dihadapkan pada berbagai masalah organisasi yang harus mereka cari solusinya.

Organisasi juga mengadakan kegiatan-kegiatan yang tentunya juga mempunyai kendala, sehingga mahasiswa secara tidak langsung akan belajar tentang pemecahan masalah, terbiasa dengan berbagai masalah dan pada akhirnya menghadapi berbagai tekanan.

8. Melatih Semangat Kepemimpinan

Manfaat ikut organisasi bagi mahasiswa selanjutnya adalah dapat melatih jiwa kepemimpinan. Dalam sebuah organisasi biasanya terdapat struktur organisasi yang dipimpin oleh seorang pemimpin.

Namun kemampuan memimpin harus ada pada setiap anggota organisasi baik sekretaris, bendahara, dan divisi lain seperti kehumasan, asesmen dan pengembangan serta melatih jiwa kepemimpinan setiap mahasiswa peserta organisasi.

9. Ajang Berlatih Menuju ke Dunia Kerja

Sebagaimana diketahui, organisasi membuat anggotanya disiplin dan berani bersosialisasi. Sehingga hal ini dapat bermanfaat untuk melatih diri Anda agar dapat bekerja dengan baik di dunia kerja yang sebenarnya.

Sebuah organisasi membiasakan anggotanya agar tidak heran ketika memasuki dunia kerja yang melelahkan dan mengedepankan kesehatan jiwa.

Tips Memilih Organisasi Bagi Mahasiswa Baru

Organisasi sebagai elemen penting tentunya memiliki banyak manfaat. Namun tidak jarang sebagian mahasiswa merasa telah salah memilih organisasi dan akhirnya tidak dapat merasakan manfaat dari organisasi dengan baik.

Untuk mengatasi masalah tersebut, berikut tips yang dapat menjadi pedoman bagi mahasiswa baru untuk memilih organisasi yang sesuai dengan potensinya.

1. Mengamati dan Memahami Visi & Misi Organisasi

Setelah mengetahui berbagai manfaat berorganisasi bagi mahasiswa, mahasiswa harus dapat mengetahui visi misi atau tujuan organisasi terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk bergabung.

Baca Juga  Cara Mengendalikan Emosi Menurut Islam

Karena hal ini akan sangat berpengaruh untuk kelangsungan pekerjaan setiap siswa dan juga pengalaman menarik yang akan didapat melalui berorganisasi.

2. Cari Tahu Jenis Kegiatan dan Sesuaikan dengan Jam Belajar

Banyak sekali mahasiswa yang lebih memilih fokus berorganisasi dan malah meninggalkan tugas dan kewajibannya menjadi mahasiswa yang harus diselesaikan.

Hal ini biasanya terjadi karena mahasiswa belum mampu menyesuaikan waktu dan organisasi yang dapat menyeimbangkannya dengan tugas jurusan. Oleh karena itu, pilihlah organisasi yang sesuai dari segi jenis kegiatan dan waktu pelaksanaannya.

3. Menyesuaikan Posisi dalam Organisasi

Suatu organisasi memiliki divisi dan jabatan yang berbeda. Ini membuat setiap anggota memiliki pengalaman yang berbeda.

Oleh karena itu, sebelum menetapkan jabatan, mahasiswa diperbolehkan memilih dengan mengukur kemampuan dan waktu senggangnya.

Hal ini dapat merasakan manfaat berorganisasi yang maksimal bagi mahasiswa tanpa stres dan juga dapat mengembangkan diri secara maksimal di bidangnya masing-masing.

Akhir Kata

Itulah beberapa manfaat organisasi bagi mahasiswa beserta tipsnya agar tidak salah mengambil keputusan untuk bergabung dengan organisasi.

Setelah membaca dan memahaminya, ternyata banyak sekali manfaat yang didapat jika mengikuti dan juga aktif berorganisasi.

Jadikan hari kuliah kamu lebih unik dan menarik dengan bergabung dengan organisasi favorit Anda dan mengembangkan potensi Anda. Oiya jangan sampai jadi Kupu-kupu ya hehe.


Ref: UMA Bestari. “Universitas Medan Area | Berbagai Manfaat Organisasi Bagi Mahasiswa.” Universitas Medan Area, 2020, uma.ac.id/berita/berbagai-manfaat-organisasi-bagi-mahasiswa. Accessed 24 Feb. 2021.

Leave a Reply

Virtual Address

Search Engine Google, Bing, Yahoo, Baidu, Yandex and Duckduckgo