Fakta Dalam Dunia Perkuliahan yang Harus Diketahui

Santuynesia – Bicara tentang dunia perkuliahan, mungkin yang suka nonton TV menganggapnya bagus ya, kuliah bisa bebas dalam artian tidak ada tugas yang memberatkan. Apalagi yang perlihatkan di TV bukan tentang perkuliahan tetapi tentang cinta.

Ada banyak fakta yang harus Anda ketahui tentang dunia perkuliahan ini. Tentunya hal ini bisa menjadi referensi bagi kamu yang ingin kuliah. Agar tidak terlalu berharap seperti yang ditayangkan di TV.

Fakta Dunia Perkuliahan

1. Adanya Kontrak Perkuliahan

Seperti halnya di tempat kerja, perguruan tinggi juga memiliki kontrak. Kontrak perkuliahan yang dimaksud adalah kontrak yang menjelaskan tentang waktu rapat perkuliahan, bab setiap rapat, dosen yang mengajar, toleransi keterlambatan, persyaratan penilaian, dan lainnya.

Umumnya sesi kuliah adalah 50 menit. Ada kursus dengan hanya satu sesi dan ada dua sesi. Untuk kelas praktikum dan responsi biasanya ada tiga sesi hingga waktunya 150 menit.

Bab-bab dari setiap pertemuan biasanya dicantumkan saat menjelaskan kontrak kuliah bersama dosen pengajar. Setiap dosen akan menyepakati toleransi keterlambatan rapat perkuliahan.

Kesepakatan toleransi keterlambatan telah disepakati oleh dosen dan mahasiswa yang hadir. Biasanya toleransi 10-15 menit.

Sedangkan toleransi keterlambatan kelas respon atau praktikum akan disepakati dengan asisten praktikum atau asisten dosen yang akan membimbing kelas.

Ketentuan evaluasi mata kuliah ditetapkan oleh dosen pengampu mata kuliah tersebut. Setiap mata pelajaran memiliki kebutuhan penilaian yang berbeda.

Persentase UTS, UAS, tugas lain, serta kehadiran mahasiswa ditentukan dalam kontrak perkuliahan. Termasuk standar untuk memperoleh nilai A dan lainnya.

2. Jam Kuliah Bervariasi

Jika waktu sekolah dulu sudah ditentukan, maka waktu perkuliahan berbeda. Beberapa masuk kelas di pagi, sore, bahkan malam hari. Jam masuk kelas ditentukan oleh pengampu mata kuliah.

Mahasiswa harus mengetahui kapan jam masuk yang harus diambil saat mengatur rencana studi. Ini dilakukan agar tidak ada jadwal yang bentrok.

3. Sistem Perkuliahan Di Atur Secara Online

Sebagai mahasiswa, kita akan menerima akun portal online yang mengatur sistem selama perkuliahan, mulai dari kartu rencana studi, jadwal, kartu hasil studi, informasi kursus, hingga pemberitahuan berbagai acara kampus.

Baca Juga  Tips Belajar di Rumah dengan Aman dan Nyaman

Dengan adanya sistem online ini, membuat para mahasiswanya untuk mandiri, ini berbeda dengan waktu SMA yang mana semua ditangani bahkan guru ikut serta dalam informasi belajar.

Bagi para mahasiswa baru, ini sangat membingungkan. Oleh karena itu kita harus pande-pande bergaul dengan atasan yang uda berpengalaman.

Selain untuk mengelola sistem perkuliahan, portal online kampus biasanya juga berfungsi sebagai platform untuk mengurus surat menyurat seperti surat keterangan aktif kuliah dan lainnya.

Biasanya dosen akan memposting semua tugas-tugas di elearning. Dan kita memiliki akses ke portal online dapat mengunduh materi ini secara online.

4. Banyak Tugas

Tugas yang diberikan oleh dosen tidak sama dengan tugas yang diberikan selama kita duduk di bangku SMA. Dosen memberikan banyak tugas agar mahasiswa lebih banyak berpikir dan mencari pengalaman.

Sebagai perbandingan, ya, sebagian besar sekolah mendapatkan pelajaran dan informasi melalui guru, tetapi di perguruan tinggi kita sendiri yang memperolehnya.

Dosen hanya bertindak sebagai pembibing dan penengah bagi mahasiswanya. Mahasiswa dituntut lebih aktif dalam menggali ilmu sesuai silabus yang telah dibuat oleh dosen.

Sebagai mahasiswa baru, ini mungkin terasa sedikit menakutkan karena perubahan dari biasanya dimanja menjadi lebih mandiri.

5. Dikejar Deadline

Sebagai mahasiswa, kita harus pandai mengatur waktu. Banyak mahasiswa tidak hanya fokus pada pembelajaran. Tetapi sebagian waktu dihabiskan untuk menghasilkan uang.

Ada juga yang hanya fokus pada kuliah saja dan ada yang fokus pada yang lain seperti berorganisasi. Melihat kejadian tersebut, mahasiswa dituntut pandai mengatur waktu.

Dosen biasanya memberikan banyak tugas dan waktu yang diberikan kepada mereka seringkali terbatas. Walaupun deadline menurut siswa SMA masih jauh, bagi mahasiswa yang kelihatannya jauh tetapi sangat dekat karena mengingat banyak siswa yang banyak sambilannya.

Baca Juga  Tips Belajar di Rumah dengan Aman dan Nyaman

Terkadang dikerjakan dalam waktu yang sangat cepat, seperti keesokan paginya harus dikumpulkan. Malamnya kita buat SKS (sistem kebut semalam) sampai kita kurang istirahat.

6. Plagiat Haram Hukumnya

Dosen umumnya akan memberi kebebasan bagi mahasiswanya untuk bekerja membuat proyek penelitiannya, tugas kelompok atau individu, dan sebagainya.

Meski begitu, mahasiswa tetap perlu menghindari yang namanya plagiat atau meniru karya orang lain. Plagiarisme dilarang keras di kalangan akademisi, termasuk kampus di Indonesia.

Semua tulisan yang berasal dari karya orang lain harus dikutip dan ditulis dengan pengucapan yang jelas. Jadi jika kita ingin menirukan karya orang lain pergunakanlah sinonim kata. Itu sangat ampuh loh.

7. Pandai Berbicara

Pandai berbicara atau sering disebut dengan public speaking merupakan senjata utama bagi mahasiswa untuk mendapatkan nilai sempurna dan juga untuk lebih memperkuat tugas-tugas dalam bentuk makalah yang telah mereka buat.

Tapi jangan khawatir, setiap orang pasti pandai berbicara asalkan mereka ingin membuat persiapan seperti berlatih dan membaca lebih banyak buku.

Contoh kasusnya mahasiswa yang ingin melakukan presentasi itu harus di dorong sama materi yang ia sampaikan. Dengan adanya pengetahuan pasti kita akan bisa pandai berbicara. Jangan lah pulak kita presentasi tetapi nggada persiapan, nanti bakalan ak uk ak uk waktu ada sesi tanya jawab.

8. Melawan Rasa Malas

Banyaknya tugas terutama untuk menyelesaikan semester akhir membuat mahasiswa harus melawan dengan rasa malas yang menimpa mereka.

Kemalasan menyerang lebih banyak mahasiswa semester akhir. Mungkin sebagai mahasiswa baru lebih semangat.

Namun lambat laun jiwa semangat akan pudar, bahkan tidak sedikit yang tidak melanjutkan perkuliahannya karena merasa tidak sanggup dengan banyaknya tugas.

Tetapi ini semua kembali ke orangnya masing-masing, bagaimana cara ia menyikapinya. Biasanya yang berkuliah dengan niat pasti nggada yang namanya malas.

9. Banyak Pemikiran Berbeda

Dunia perkuliahan itu orangnya dari berbagai kalangan dan berbagai pemikiran tentunya. Sebelumnya kita harus mewaspadai berbagai pemikiran yang masuk ke dalam pikiran kita.

Baca Juga  Tips Belajar di Rumah dengan Aman dan Nyaman

Sebelum menerima pemikiran tersebut, kita harus mencerna terlebih dahulu agar ngga ikut-ikutan atau menerimanya secara langsung. Disini kita harus lebih pandai dalam menerima informasi atau pemikiran.

10. Berbagai Kalangan Dalam Sekelas

Berbagai kalangan dalam sekelas ini udah wajar di perkuliahan, berbeda dengan waktu SMA yang usianya pada sebaya.

Di perkuliahan kita akan menemukan orang-orang yang berbeda suku, budaya, usia dan lainnya. Jadi jangan heran kalo kita di dalam kelas jumpa sama yang lebih tua.

11. Rajin ke Perpustakaan

Bagi mahasiswa tingkat akhir tentunya membutuhkan banyak referensi, baik jurnal maupun skripsi dari alumni, suka tidak suka wajib mencari bahan di perpustakaan kampus atau perpustakaan daerah.

Jika pada awal-awal semester mereka hanya pergi ke perpustakaan sebulan sekali, maka dipastikan dengan skripsi mereka harus berkali-kali ke perpustakaan, hingga mendapatkan referensi yang banyak.

12. Ikut Berorganisasi

Setiap Fakultas itu pasti punya organisasi sendiri, dan saat ospek kalian akan diperkenalkan dengan berbagai jenis kegiatan yang ada di tingkat Fakultas maupun tingkat Univ.

Bahkan tingkat prodi pun ada juga organisasi, ngga hanya itu kita juga akan mengenal organisasi luar kampus nantinya yang juga akan membentuk karakter individu.

Jadi pandai-pandai lah kita cari tahu soal organisasi yang mampu menambah wawasan dan membentuk karakter maupun pengalaman.

Akhir Kata

Itulah beberapa fakta kuliah yang perlu Anda ketahui agar tidak heran betapa berbedanya dunia perkuliahan yang sebenarnya dengan dunia perkuliahan yang kamu bayangkan.

Kita harus bijak menyikapi fakta-fakta yang sudah kita ketahui, agar lebih mudah dilaksanakan sebagai mahasiswa. Mungkin saat kita mengetahui faktanya, kita lebih khawatir atau takut.

Namun jika sudah melewati dan mampu mengatasi permasalahan yang ada pasti akan berjalan dengan baik, bahkan bisa membuat anda ketagihan untuk melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi.

Leave a Reply

Virtual Address

Search Engine Google, Bing, Yahoo, Baidu, Yandex and Duckduckgo