Tips Belajar di Rumah dengan Aman dan Nyaman

Santuynesia – Tahun 2020 memang terasa berbeda, dari mereka yang sebelumnya bebas pergi kemana-mana, kali ini mereka harus menahan diri untuk tidak tinggal di rumah. Khususnya dalam pembelajaran seperti yang sekarang ini para anak-anak jadi belajar di rumah.

Demi virus Covid-19 tidak kian meluas. Salah satu kegiatan yang mengalami banyak perubahan adalah kegiatan belajar siswa. Biasanya mereka bisa belajar tatap muka di sekolah, sekarang siswa harus belajar dari rumah atau daring.

Home schooling tentu merupakan perubahan besar, baik bagi orang tua maupun siswanya sendiri. Tentu akan ada banyak kendala yang terjadi selama belajar di rumah, karena ini adalah pengalaman yang sangat baru. Namun, demi home schooling yang lancar dan teratur, setidaknya orang tua harus menyelesaikan hal-hal tersebut.

1. Siapkan Cemilan

cemilan sekolah di rumah

Suasana saat pergi ke sekolah seperti biasanya dengan sekolah di rumah tentunya sangat berbeda 180 derajat. Selama di sekolah, anak bisa menghilangkan rasa bosannya saat istirahat dengan bermain bersama teman-temannya.

Baca Juga  Fakta Dalam Dunia Perkuliahan yang Harus Diketahui

Namun, ini bukanlah sesuatu yang dapat mereka lakukan saat berada di rumah. Lalu bagaimana cara membuat anak senang saat berangkat sekolah dari rumah?

Salah satu caranya, orang tua bisa menyiapkan camilan favorit anaknya, lho. Semoga jajanan favoritnya membuat mereka tidak bosan dan heboh saat pulang sekolah. Tapi hati-hati, jangan terlalu banyak memberikannya. Bukan cuma berdampak pada berkonsentrasi, anak-anak bisa kenyang dan kemudian mengantuk.

2. Air Mineral

belajar di rumah

Manfaat air tentunya tidak perlu diragukan lagi. Jika seseorang kekurangan air, maka akan menimbulkan gejala dehidrasi seperti sakit kepala. Jika ini terjadi maka fokus belajar pasti akan terganggu.

Oleh karena itu, para orang tua tidak boleh ketinggalan untuk mengingatkan putra putri kesayangan kita untuk banyak minum air di sekolah dari rumah.

Baca Juga  Fakta Dalam Dunia Perkuliahan yang Harus Diketahui

3. Meja Belajar

meja belajar dari rumah

Selain mempersiapkan kesiapan belajar, menciptakan lingkungan belajar yang nyaman juga penting lho. Untuk memastikan lingkungan sekolah rumah yang menyenangkan, orang tua dapat menyediakan meja belajar yang nyaman untuk anak-anak mereka di sekolah rumah.

Sambil belajar di tempat yang nyaman, anak bisa belajar dengan senang hati. Oiya carilah meja belajar yang pas buat anak, janganlah pulak meja yang tidak nyaman dikasih ke mereka.

4. Alat Tulis

sekolah dari rumah

Setelah meja yang nyaman disiapkan, jangan lupakan alat tulis yang lucu. Biarlah anak-anak lebih bersemangat untuk menuliskan pelajaran yang mereka pelajari hari itu. Agar lebih seru, biarkan mereka memilih sendiri alat tulis yang mereka sukai.

5. Pastikan Kuota Internet Ada

sekolah dari rumah

Bersekolah di rumah berarti orang tua harus menyiapkan ponsel atau laptop untuk bisa sekolah secara online melalui Zoom atau Google Meet. Kedua aplikasi ini pasti tidak akan bisa diakses tanpa akses internet yang memadai.

Baca Juga  Fakta Dalam Dunia Perkuliahan yang Harus Diketahui

Oleh karena itu, pastikan selama sekolah online, jaringan internet stabil. Anda melakukan ini dengan memastikan penyedia memiliki sinyal yang baik di tempat tinggal Anda.

6. Pilih Gadget yang Tepat

gadget untuk daring

Untuk mendukung home schooling, orang tua harus menyediakan gadget seperti laptop atau handphone untuk home schooling yang cocok untuk anak.

Kali ini, para orang tua harus bisa memberi gadget untuk menunjang pembelajaran anak. Jika kita memberi sebuah HP, pastikan tidak ada aplikasi game yang terinstall, ditakutkan nanti anak malah bermain game ketimbang belajarnya.

Demikianlah yang harus orang tua siapkan agar kegiatan belajar di rumah anak-anak bisa berjalan dengan lancar.

Leave a Reply

Virtual Address

Search Engine Google, Bing, Yahoo, Baidu, Yandex and Duckduckgo