10 Kota Modern dengan Transportasi Umum Terbaik di Dunia 2021

Santuynesia – Transportasi umum menjadi tumpuan di negara di dunia. Sayangnya, masih ada kota tertentu yang belum memaksimalkan sistem transportasi umumnya. Padahal, transportasi umum adalah angkutan yang bisa memudahkan mobilitas masyarakat lokal dan juga wisatawan asing.

Transportasi umum yang ditata dengan baik selain bisa mengurai kemacetan juga berperan penting dalam kemajuan sektor pariwisata. Para wisatawan tentunya ingin menggunakan transportasi yang aman dan nyaman saat sedang traveling.

Apabila lebih suka naik angkutan umum dibandingkan menyewa kendaraan saat liburan, kota di dunia ini harus masuk wishlist liburanmu. Mereka memiliki sistem transportasi umum yang baik dan user-friendly!

1. Berlin, Jerman

Berlin memiliki jaringan bus, kereta, trem dan kapal feri yang komprehensif dan terkoneksi dengan baik. Wajar saja apabila transportasi umum di Berlin sangat efisien, tepat waktu dan murah meriah. BVG atau Berliner Verkehrsbetriebe adalah perusahaan yang mengatur operasi jaringan keempat jenis transportasi umum tersebut.

2. Shanghai, China

Salah satu jenis transportasi umum yang bisa dicoba di Shanghai adalah kereta magnet. Kereta yang dibuat dengan teknologi magnetically levitated ini memiliki kecepatan hingga 431 kilometer per jam. Sangat cocok apabila kamu sedang terburu-buru.

Rute kereta ini sepanjang Shanghai Pudong International Airport sampai Longyang Road Station. Jaraknya mencapai 30 kilometer dengan jarak tempuh selama 8 menit.

Shanghai dan kota besar lainnya di China juga memiliki jaringan bus umum. Wilayah terpencil di negara tersebut juga sudah menyediakan layanan bus. Setiap bus tidak memiliki kondektur seperti yang ada di Indonesia. Selain itu, tiket bus bisa dibayar secara tunai atau dengan menempelkan kartu ke mesin pembaca yang ada di dekat pintu masuk.

Baca Juga  Cara Registrasi Kartu Telkomsel Melalui SMS dan Dial

3. London, Inggris

Kereta bawah tanah di Waterloo Station adalah transportasi yang paling sibuk di London karena disambangi ribuan orang per harinya. Selain kereta, jenis angkutan umum lainnya yang juga populer di London adalah bus tingkat.

Bus yang satu ini kini bahkan dilengkapi fitur baru demi keamanan para penumpang, terutama penyandang disabilitas. Penumpang akan mendengar pengumuman sesaat bus akan berangkat. Pemberitahuan tersebut diharapkan supaya penumpang lebih bersiap. Banyak dari mereka yang asyik memainkan ponsel atau memegang barang bawaannya.

4. Madrid, Spanyol

Transportasi umum di Madrid sangat aman, bersih dan efisien. Semua jenis transportasi bisa dijangkau dengan mudah, kamu tidak perlu khawatir akan tersesat selama berada di Madrid. Ada 300 stasiun yang menyediakan layanan kereta tercepat dan paling efisien di Madrid.

Setiap jalur memiliki warna berbeda dan dilengkapi peta yang mudah dipahami. Selain kereta, ada bus lokal yang dikenal dengan nama EMT. Madrid memiliki sebanyak 2.00 bus biru yang melayani lebih dari 200 jalur antara wilayah kota dan area perumahan. Bus mulai beroperasi pada pukul 6 pagi sampai larut malam.

5. Paris, Prancis

Paris adalah salah satu tempat di dunia yang memiliki sistem transportasi paling aman dan efisien. Sistem kereta bawah tanah di kota ini memiliki panjang hingga 214 kilometer dan melayani sebanyak 303 stasiun.

Baca Juga  Rekomendasi 5 Referensi Buku Desain Grafis

Hal tersebut membuat sistem kereta di Paris menjadi yang tersibuk kedua setelah Moskow, Rusia. Selain kereta bawah tanah dan trem, kamu juga bisa menggunakan bus darat dan bus yang beroperasi di atas air bernama batobus.

6. Seoul, Korea Selatan

Bus, kereta bawah tanah dan taksi, adalah jenis transportasi umum yang digunakan di Seoul. Ibukota Korea Selatan ini selalu mengembangkan sistem transportasinya. Untuk bus, warna hijau untuk trayek pendek dan bus merah untuk trayek dari Seoul ke kota satelit. Sedangkan kereta bawah tanah di Seoul juga tak kalah sibuk karena ditumpangi 8 juta orang per harinya.

Apabila punya budget lebih untuk transportasi, bisa naik taksi selama traveling di Seoul. Namun, tarif taksi di Seoul lebih murah apabila dibandingkan dengan Jepang.

Hebatnya, penumpang bisa mengajukan keluhan ke perusahaan taksi yang ditumpangi. Pemerintah nantinya yang akan memproses laporan tersebut lalu mengembalikan ongkos taksi si penumpang.

7. New York, Amerika Serikat

Jaringan kereta bawah tanah di New York adalah salah satu yang terbesar di Amerika Serikat dan juga di dunia. Setidaknya ada belasan jalur dan ratusan stasiun yang selalu sibuk setiap hari. Salah satunya adalah stasiun subway 42nd Street Times Square.

Dulu, memang sering terjadi pelecehan wanita di dalam gerbong kereta. Namun kondisi itu kini sudah berubah. Salah satunya adalah karena adanya fasilitas CCTV.

8. Singapura

Singapura memiliki sistem transportasi luar biasa yang didukung dengan kondisi infrastruktur yang baik. MRT adalah jenis transportasi yang paling cepat sehingga kamu bisa lebih menghemat waktu.

Baca Juga  Cara Mengatasi Printer Offline Dengan Mudah

Tiket MRT dan bus tersedia dalam beberapa jenis. Ada tiket sekali jalan, Singapore Tourist Pass (STP) dan kartu isi ulang EZ-link. Kamu bisa memilih tiket sesuai dengan tujuan dan budget traveling.

9. Tokyo, Jepang

Pemerintah Jepang sangat serius dalam mengembangkan sistem transportasinya. Salah satu metode yang diterapkan adalah mendorong masyarakatnya untuk selalu menggunakan angkutan umum ketimbang kendaraan pribadi.

Masyarakat Jepang sangat disiplin selama berada di stasiun dan gerbong kereta. Jadi jangan heran apabila kamu melihat para penumpang antre teratur di garis yang sudah ditentukan.

10. Hong Kong

Ada banyak jenis transportasi umum yang bisa kamu gunakan untuk menjelajahi Hong Kong. Ada taksi, kapal feri, bus dan kereta. Agar lebih efisien, kamu bisa membayar tiket dengan Kartu Octopus.

Ada tiga warna taksi di Hong Kong, yakni merah, hijau dan biru. Setiap warna beroperasi di jalur berbeda dengan tarif yang bervariasi. Taksi juga sangat mudah ditemukan di Hong Kong. Namun ada baiknya menaiki taksi dari hotel atau tempat menginap kamu.

Sistem transportasi umum di sebuah kota bisa dinilai baik apabila unggul dalam segi akses, ketepatan waktu dan jangkauan. Menggunakan transportasi umum tentunya jauh lebih murah dibandingkan menyewa kendaraan.

Faktor tarif, mudah dijangkau dan aman menjadi beberapa pertimbangan para wisatawan saat menyusun itinerary traveling.


Source: keepo.me/travel/transportasi-umum-terbaik-di-dunia/ Editor : Sandra Karina

Leave a Reply

Virtual Address

Search Engine Google, Bing, Yahoo, Baidu, Yandex and Duckduckgo